Jelang New Normal, Pemkab Tangerang Simulasi Pembukaan Masjid

0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang gelar simulasi pembukaan masjid di tengah pandemi dengan standar protokol kesehatan Covid-19, di Masjid Agung Al-Amjad Tigaraksa, Kabupaten Tangerang Banten, Jumat (29/5/2020).

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar, Danrem 052/Wkr Brigjend TNI Tri Budi Utomo, Dandim Tigaraksa Letkol Infanteri Parada Warta Nusantara Tampu Bolon, Kapolresta Tangerang Kombes. Pol. H. Ade Ary Syam Indradi, Kapolres Metro Tangerang Kota, Kapolres Metro Tangerang Selatan, Sekda, Seluruh OPD, MUI dan DMI Kecamatan dan beberapa pejabat lainnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan pihaknya melakukan simulasi untuk tempat ibadah terutama masjid yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Ia mengajak kepada seluruh alim ulama Kiyai, Habaib di Kabupaten maupun Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang untuk sama-sama memulai persilahkan penggunaan masjid dan mushola. Tetapi wajib diikuti dengan disiplin tinggi terhadap kaidah yang akan kita sepakati tentunya sesuai protokol kesehatan.

“Saya harap acara simulasi ini harus benar-benar dipahami oleh ulama dan para Kiai kita agar masyarakat bisa mengikuti para alim ulama kita, jadi tolong benar-benar masyarakat harus disiplin tinggi untuk memenuhi semua aturan protokol kesehatan. Secapatnya saya akan laporkan Gubernur, dan saya juga sih berharap secara bertahap akan mulai dibuka 1 juni ini,” Harap Zaki Iskandar.

Zaki meminta sebelum nanti dibuka, demi kebaikan bersama secara bertahap masjid dan mushola wajib pada seluruh DKM, Ulama dan Kyai mengetahui kaidah-kaidah tentang cara beribadah yang baru di masjid atau mushola ditengah pandemi saat ini.

“Kalau kita tidak mengikuti protokol yang ada, dihawatirkan masyarakat bisa terkena virus tersebut, karena keteledoran dan ketidakdisiplinan, tapi kita berusaha agar masyarakat jangan sampai tertular itu juga bagian dari perjuangan kita, urusan mati memang ditangan Allah tapi kita wajib berikhtiar dan berusaha,” tegas Zaki.

Kata Zaki lagi, Kenapa yang dibuka masjid terlebih dulu bukan Mall dan bukan yang lain, sebab ditengah pandemi ini, Zaki berharap masyarakat bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah lebih banyak berdoa dan memohon perlindungan.

Lanjut Zaki, bila di mall masyarakat bisa berlama-lama, tapi jika didalam masjid rata-rata masyarakat hanya sekitar 30 menit hingga satu jam.

“Saya harap masyarakat ditengah pandemi ini bisa lebih mendekatkan diri dan berdoa agar wabah ini segera usai, dan untuk tempat ibadah lain juga akan segera dilakukan simulasi, setelah sarana ibadah dibuka maka yang lain akan ikut dibuka seperti mall dan lainnya, tapi tetap dengan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kapolda Banten Irjenpol Fiandar yang turut hadir acara tersebut mengungkapkan, untuk dari Kepolisian maupun dari TNI diperintahkan untuk membantu pemerintah atau masyarakat untuk mendisiplinkan protokol kesehatan di seluruh aktivitas tempat beribadah maupuan aktivitas-aktivitas lainnya.

“Kehadiran Kami ingin memastikan untuk membantu masyarakat agar masyarakat terhindar dari virus corona dan meminimalisir terjadinya penularannya,” terang Kapolda.

Sementara itu Ketua MUI Kab. Tangerang KH. Ues Nawawi merasa senang dan sangat apresiasi dan begitu bangga dengan Bupati Tangerang karena di daerah-daerah lain yang pertama kali dibuka adalah Mall dan tempat keramaian lainnya, tetapi di Kabupaten Tangerang ini justru sebaliknya justru masjid lah yang pertama kali dibuka itu yang sangat kami banggakan dan sama kami apresiasi sekali.

“Alhamdulillah kami sangat bangga dan apresiasi terhadap pak Zaki Bupati Tangerang yang lebih mendahulukan membuka masjid (sarana ibadah) ketimbang membuka Mall, ini menunjukan betapa religiusnya Pemerintahan Kab. Tangerang sesuai dengan Visi Misinya,” terangnya.

Ues melanjutkan bahwa MUI pusat pun telah mengeluarkan maklumat terkait New Normal diantaranya berisi bahwa apabila kawasan yang dianggap covidnya belum terkendali maka diberikan keringanan dalam beribadah, tetapi apabila dikawasan covidnya sudah terkendala maka silahkan laksanakan berjamaah akan tetapi dengan protokol kesehatan. (Bam)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *