DPD RI Gelar Seminar Laporan Keuangan dan Kinerja Pemerintah Daerah

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menggelar Seminar Komite IV terhadap laporan keuangan dan kinerja pemerintah daerah (pemda) di Ballroom Hotel Novotel, Jalan Jendral Sudirman, Kota Tangerang, Selasa (11/12/2018).

Ketua Komite IV DPD RI, Ajiep Padindang mengatakan, selama ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil pemeriksaan ke DPR, DPD dan DPRD. Namun, hasil itu tak ada tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK.

“Kami (Komite IV DPD RI) melaksanakan seminar ini untuk menemukan suatu pola tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK,” kata Ajiep kepada awak media.

Menurut dia, pihaknya akan memfasilitasi terhadap hasil pemeriksaan BPK dalam ditindaklanjuti. Sebab, Provinsi Banten telah berhasil dalam mempola hasil pemeriksaan BPK dengan ditindaklanjuti.

Baca Juga :  Arief Minta Laporan Akhir Tahun OPD Minggu Ini Selesai

“DPD akan memfasilitasi atas persoalan-peesoalan daerah dari hasil pemeriksaan BPK itu, berkaitan dengan pusat,” ucapnya.

Ajiep menambahkan, kalau bicara Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pemerintah provinsi dan kabupaten saat ini, sudah cukup menggembirakan. Dari seluruh daerah itu, sebanyak 70 persen mendapatkan WTP.

“WTP itu opini namanya, opini tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah, itu sudah sangat menggembirakan sejak tahun terakhir,” imbuhnya

Wakil Ketua BPK, Barullah Akbar menambahkan, pihaknya saat ini terbagi dalam dua hal atas pemeriksaan keuangan, yakni pemeriksa terhadap Pemerintah Pusat dan Pemda.

“Oleh karena itu, DPD ini kita harus tingkatkan, dengan mendorong pemerintah daerah untuk transparansi dan akuntabilitas keuangannya,” tandasnya. (Dim/Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here