Bimtek PPDP di Karawaci akan Sajikan Data Pemilih Berkualitas

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang –¬†Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karawaci gelar bimbingan teknis (Bimtek) terhadap petuas pemuktahiran data pemilih (PPDP) Kelurahan Nusa Jaya dan Kelurahan Bojong Jaya, di Aula Kantor Kelurahan Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci, Kta Tangerang pada Selasa (16/01/2018) malam.

Sekretaris Kelurahan Bojong Jaya, Agus Suryanto dalam sambutannya mengatakan, para petugas harus dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan KPU. Sehingga, dalam penyajian data pemilih di Pilkada Kota Tangerang dapat sesuai dengan masyarakat yang ada.

“Penyajian data pemilih harus seusai dengan yang ada. Jadi jangan sampai data itu berbeda dengan dilapangan. Maka petugas harus menjalankan seusai dengan ketentuannya,” kata pria yang kerap disapa Koja dihadapan para petugas PPDP di dua kelurahan itu.

Baca Juga :  HUT PGRI ke-74, Arief : Sosok Guru Harus Berdedikasi

Sementara itu, Ketua PPK Karawaci, H AR Nasution menuturkan, dalam pelaksanaan PPDP di pesta demokrasi tahun ini sangat berbeda. Sebab, pada DP4 yang disajikan akan lebih akurat pemilih di Pilkada Kota Tangerang. Karena para petugas harus dapat melaporkan kegiatannya terhadap PPS dan PPK. Karena adanya lintas antara PPDP, PPS dan PPK dalam mendata pemilih.

“Petugas harus mendata pemilih tetap itu dengan nomor urut yang sudah dipetakan. Setelah mendata para pemilih dengan nomor urut, mereka harus melaporkan paling cepat empat hari, selambatnya sepuluh hari kerja. Maka data pemilih yang disajikan akan berkualitas,” kata pria dengan sapaan akrabnya H Nas.

Selain itu, dijelaskannya bahwa pada pendataan nanti setelah mendapatkan data orang yang telah meninggal dunia, akan dilakukan pembukuan exstraakuntable. Hal itu akan dilaporkan ke Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang melalui KPU dalam mencoret data pemilih yang telah meninggal dunia. Sebab, diwilayahnya menjadi nomor dua data pemilih di DP4 tertigi di pilkada tersebut setelah Kecamatan Cipondoh dan juga, sebanyak 305 TPS di Kecamatan Karawaci.

Baca Juga :  KPU Kota Tangerang Sosialisasi ke Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Kota Tangerang

“Mengharapkan, petugas pemuktahiran jangan keluar dari SOP, kerja teliti dan cermat, supaya menghasilkan data pemilih berkualitas,” kata H Nas yang sekaligus mengungkapkan, peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Tangerang. Penyelenggara harus mempunyai strategis khusus. Supaya pada Pilkada Kota Tangerang dapat meningkat dari Pilgub Banten 2017.

“Kita harus mempunyai strategi, bagaimana menarik partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di pilkada ini. Ya, lokasi TPS yang strategis lah perlu dilakukan. Jadi, jangan masyarakat mengejar kotak, tapi kotak lah yang mengejar masyarakat,” tandasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here