DPRD Kabupaten Tangerang Minta Bawaslu Bekerja Profesional Dalam Pengawasan

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Komisi I DPRD Kabupaten Tangerang, meminta jajaran Bawaslu, khusunya anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) bekerja professional sesuai undang-undang Pemilu.

Hal ini disampaikain Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tangerang Muhamad Amud saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang gabungan, Gedung DPRD Kabupaten Tangerang, Rabu (10/1/2024).

“Sekarang ini kami memiliki ketakutan ketika melakukan sosialisasi ke masyarakat. Kami amati saat ini anggota Panwaslu Kecamatan dan Kelurahan/Desa hadir di tengah kegiatan sosialisasi hanya untuk mencari kesalahan, bukan mengawasi,” kata Amud.

Menurutnya, sebagai lembaga pengawas Pemilu seharusnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya jajaran Bawaslu bisa lebih beretika dan menjaga pedoman prilaku. Jajaran yang dimaksud Amud yaitu anggota panwaslu Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

“Kami percaya dengan kinerja Komisioner Bawaslu Kabupaten Tangerang. Namun yang kami sayangkan kenapa jajaran dibawahnya terlihat tidak profesional, ” tandasnya.

Hal yang sama diungkapkan Anggota Komisi I Nonce Tendean. Dia mengaku risih dengan cara kerja anggota Panwaslu dan PKD ditengah-tengah kegiatanya saat melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Legislator Demokrat ini pun mempertanyakan tugas dan fungsi yang diintruksikan Bawaslu Kabupaten Tangerang kepada jajaranya itu.

“Kinerja Panwascam dan PKD dalam menjalankan tugasnya tidak profesional. Seringkali, ketika saya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, anggota Panwascam maupun PKD datang dan tiba-tiba merekam semua kegiatan kami tanpa etika, padahal kami kan paham aturan, ” ungkapnya.

Dalam RDP tersebut, Komisi I DPRD Kabupaten Tangerang meminta Bawaslu untuk mengevaluasi kinerja jajaranya. Mereka juga mengajak Bawaslu untuk brrsama sama menjaga kondusifitas dan menciptakan pemilu damai.

Pertanyaan dan kritikan yang dilontarkan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tangerang satu persatu dijawab oleh Komisioner Bawaslu yang hadir dalam RDP tersebut, Ferry Purnama.

“Semua masukan ini akan kami sampaikan ke pinpinan dan komisioner lain untuk menjadi bahan evaluasi kita, ” kata Ferry. (Bam/yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *