Pandemi Covid-19, Pemkab Tangerang Fokus Pendampingan Kelompok Tani

0

PITRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Ketidakpastian berakhirnya masa pandemi covid-19 yang membuat rasa kekawatiran yang berpotensi akan mengganggu stabilitas dan ketersediaan pangan. Yang lebih dan sangat dikhawatirkan jika ini akan berkelanjutan hingga terjadi krisis pangan. Maka, menjaga ketahanan pangan yang menjadi salah satu program pemerintah di masa pandemi covid-19 ini dijadikan program scala prioritas.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang Azis Gunawan mengatakan, pandemi covid-19 juga berdampak pada kesehatan, yang sebelumnya terjadi banjir dibeberapa wilayah Kabupaten Tangerang.

Menghadapi hal itu, Azis menjelaskan berbagai kreativitas dan inovasi dilakukan dengan memfokuskan pendampingan dalam pelatihan-pelatihan.

“Kita (Pemkab Tangerang- red) memfokuskan gerakan dan cara-cara proses penanaman dalam bimbingan terhadap kelompok Tani,” bebernya.

Baca Juga :  Walikota Ajak Masyarakat Beli Produk UKM Kota Tangerang

Ketika ditanya soal produk lokal hasil pertanian pada masa pandemi covid-19 ini, berbagai cara untuk mensiasati proses agar hasilnya maksimal.

“Meningkatkan hasil produk lokal, di fase-fase Panen, kami mensiasati proses olahan dari mulai penggilingan padi hingga menjadi beras, semua kami dampingi dan dikawal, agar hasilnya bisa maksimal sesuai dengan harapan konsumen di masyarakat,” terangnya.

Lanjut Azis, pihaknya juga telah menertibkan keterjangkauan penyediaan Pupuk yang saat ini sudah mulai dibantu demi menjaga ketahanan pangan.di Kabupaten Tangerang.

“Untuk ketahanan pangan diwilayah Kabupaten Tangerang saat ini aman hingga bulan Desember 2021,” imbuhnya. (Bam/Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here