Organisasi di Pinang Buka Dapur Umum dan Posko Pengaduan Banjir

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Pinang bersama orgnisasi kemanusianaan dan kepemudaan, seperti Tangerang Kita Peduli (TKP), KNPI dan Karang Taruna membuka dapur umum dan posko pengaduan untuk korban banjir Perumahan Pinang Gria Permai, Kota Tangerang.

Diketahui, banjir yang meredam Perumahan Pinang Gria Permai sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari akibat luapan air Kali Angke yang hingga kini ketinggian permukaan airnya telah menujukan tanda penurunan.

Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu mengatakan, selain dapur umum, posko bersama ini juga membuka layanan pengaduan bagi warga yang terdampak banjir.

Saat ini, lanjutnya, dapur umum dan posko layaan pengaduan untuk warga terdampak banjir berada di Jalan H. Djiran, Gang H. Tait RT 08/01 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

“Posko kita ada di Jalan H. Djiran, Gang Tait. Dapur umum kita buat untuk memenuhi kebutuhan korban banjir,” ujar Mumu di dapur umum, Sabtu (20/2/2021) siang.

Baca Juga :  PDAM TB Pasang Toren di Lokasi Banjir Priuk

Adapun kebutuhan logistiknya, kata dia, berasal darinya dan juga bantuan dari para donatur melalui relasi forum-forum yang terlibat pada dapur umum tersebut.

“Ada yang dari diri sediri, ada pula yang datang dari donator melui relasi kawan-kawan yang ada disini,” jelasnya.

Sementara ketua Posko Bersama, Uis Adi Dermawan mengatakan, Banjir yang menggenangi komplek perumahan Pinang Griya Permai RW 05 dan RW 06 Kelurahan Pinang, Kota Tangerang. Sedikitnya ada 936 KK dan terpaksa harus mengungsi karena ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

Sejak pagi, kata Uis, warga sudah mulai mengungsi. Camat dan Lurah Pinang sudah memberikan imbauan kepada warga untuk segera menyelamatkan diri sebelum ketinggian air meningkat.

Atas kondisi ini, lanjut Uis, segenap elemen masyaakat dari PMI Kecamatan Pinang, KNPI, Tangerang Kita Pedli (TKP), Karang Taruna dan organisasi pemuda lainnya memdirikan posko dapur umum bersama.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang berdatangan ke posko. Sedikit banyaknya bantuan yang sampai sangat bermanfaat dan membantu kami disini untuk para pengungsi,” katanya.

Baca Juga :  Forum RT dan RW Sukabakti Salurkan Bantuan Korban Banjir di Lebak

Bantuan yang sampai diantaranya dari Gubernur Banten, Wahidin Halim satu truk logistik bahan pokok seperti beras, terigu, minyak goreng, gula, biskuit dan lainnya. Bantuan juga datang dari Pemkot Tangerang, Bappeda, BPBD, Kecamatan serta swadaya masyarakat sekitar. Bantuan juga datang dari Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo.

“Alhamdulillah kami sudah bagikan ratusan nasi bungkus dan bingkisan buat para korban banjir. Posko ini akan terus kami dirikan sampai banjir benar-benar surut,” tegas Uis yang juga Ketua DPD KNPI Kota Tangerang.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibawa mendatangi warga di Kunciran Indah dan kemudian ke posko dapur bersama di Jalan H. Djiran Gg. H. Tait RW 08/01 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang Kota Tangerang.

“Persoalan banjir bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujarnya saat berdiskusi usai memberikan bantuan di Posko Bersama, Sabtu (20/2/2021) malam.

Baca Juga :  Kejadian Viral di Wisma Tajur, Ini Penjelasan Camat Ciledug

Menurut Gatot, pemerintah tengah berusaha semaksimal mungkin untuk membenahi persoalan bencana tahunan yang melanda warga Kota Tangerang.

“Banjir ini kan bukan dikarenakan itensitas ujan deras terus mengakibatkan banjir, tapi ada luapan dari kali angke yang kita tau dikirim dari bogor, ditambah soal kali juga kan tanggung jawab balai besar. Ini harus kita cari solusinya bersama,” paparnya.

Gatot juga berharap, ditengah kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini dan dengan adanya bencana banjir dibeberapa titik di Kota Tangerang diharapkan masyarakat tetap menjaga kesehatan.

“Saya harap apapun kondisinya, masyarakat tetap menjaga kesehatan,” tandasnya. (Gor/Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here