Teguran Diabaikan, Sodetan Milik Lippo Karawaci Picu Banjir di Panungganan Barat

0
Danau buatan yang merupakan sodetan dan intake milik Lippo Karawaci. Foto : Indra

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Penyebab air Sungai Cisadane meluap ke wilayah Blok Nambo, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang diduga akibat sodetan milik Lippo Karawaci. Pasalnya, terjadi banjir pada Januari 2020, air sungai tersebut tidak pernah meluap ke perkampungan itu.

Bahkan, sodetan dan intake milik Lippo Karawaci ini, ditemukan pihak kelurahan beserta kecamatan saat meninjau lokasi banjir di Blok Nambo. Danau buatan yang tak jauh dari permukiman elite yang merupakan satu kesatuan dari Lippo Group ini, menjadi penyebab banjir di wilayah tersebut.

Camat Cibodas, Mahdiar mengatakan, pihaknya sempat menyurati Lippo Karawaci atas danau buatan tersebut. Guna untuk mengetahyi izin intake termasuk IMB fan rekom dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Baca Juga :  Warga Tagih Janji Walikota Tangerang Berikan Bentor

“Kami sudah menyurati pihak Lippo untuk turun langsung kelapangan, sekalian bawa berkas-berkas perijinannya. Kita dampingi untuk mencari solusi terbaiknya, agar tidak terjadi banjir,” jelas Mahdiar kepada potrettangerang.id, saat ditemui diruangkerjanya, Rabu (8/4).

Surat Kecamatan Cibodas meminta pihak Lippo Karawaci membawa sejumlah perijinan. Foto : Indra

Menurut dia, langkah yang dilakukan pihaknya guna menyelesaikan permasalahan atas banjir diperkampungan tersebut. Setelah tidak ada jawaban dan tidak ada itikad baik dari Lippo Karawaci, dia menegur atas banjir yang terjadi awal Maret 2020.

“Sudah beberapa bulan lalu, sejak 3 Maret kita lakukan peneguran dengan mempertanyakan juga izinnya. Hingga saat ini, pihaknya belum juga dapat memberikan keterangan apapun,” terang Mahdiar.

Sementara, Anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang, Dedy Fitriadi meminta, Pemerintah Kota Tangerang dapat menyikapi sodetan milik Lippo Karawaci, yang merupakan penyebab banjir melanda wilayah Blok Nambo.

Baca Juga :  Wakil Walikota Kunjungi Korban Banjir Bantaran Sungai Cisadane

“Saya selaku dewan, yang kebetulan berdomisili di dekat lokasi, sangat peduliĀ  atas apa yang terjadi kepada masyarakat Panunggangan Barat akibat dari sodetan intake Lippo berimbas banjir, Pemerintah Kota Tangerang harusnya bertindak tegas” paparnya pria yang kerap disapa Dedy Rocky.

“Saya akan kawal permasalahan Panbar ini. Kalau perlu, akan saya bawa ke Rapat DPRD. Mereka warga kita, jadi kita harus perhatikan” tambahnya menutup. (Dra/Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here