Ini Skenario Dinas PUPR Kota Tangerang Tangani Banjir

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), telah melakukan sejumlah skenario dalam penanganan banjir di Kota Tangerang.

Hal itu dikatakan Sekertaris Dinas PU, Taufik Syahzaeni yang mana setidaknya ada lima skenario yang dimainkan, dengan kekuatan 255 personil dari Dinas PU untuk menangani banjir yang terjadi di awal Februari tersebut.

“Skenario tersebut diantaranya penambahan dua unit pompa di Garden City dan Perumahan Total Persada, ada juga penanganan kebocoran di pintu air Mutiara Pluit,” ujar Taufik saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Senin (03/02/2020)

Taufik menjelaskan, skenario lain diantaranya pemasangan empat kisdam di Kali Ledug, jembatan Alamanda, Perumahan Pondok Permai RW 08 serta pemasangan untuk kebocoran turap dan perbaikan tanggul.

Baca Juga :  Sekda Tangkab Terima Bantuan Dari BUMN Peduli di Posko Pengungsian Teluknaga

“Selain itu, kami juga telah melakukan pengangkatan eceng gondok di Pintu Air 5 serta pembangunan jembatan apung di Gebang Raya, Perumahan Alamanda. Sehingga, akses masyarakat tetap bisa dilakukan tanpa tehambat kondisi banjir,” terangnya

Pihaknya menurunkan 52 meter jembatan apung di Total Persada. Hingga saat ini total jembatan apung 202 meter sudah terpasang menjadi akses jalan masyarakat. 91 jembatan apung Bidang Pertamanan, Disbudpar dan 111 jembatan apung milik Dinas PU.

“Kami (Dinas PUPR) juga mengerahkan 45 alat pompa air ke sejumlah titik banjir di Kecamatan Periuk. Dengan kapasitas pompa yang cukup tinggi ini, dapat segera mengurangi volume air yang merendam sejumlah perumahan,” tegas Taufik.

Baca Juga :  HIPMI Diharapkan Sinergitas Baik Dengan Pemkot Tangerang

Dia menjelaskan kembali, dua unit mobil pompa berkapsitas 67 liter per detik juga dikerahkan di Perumahan Total Persada. Untuk perumahan Garden City juga di kerahkan empat alat pompa yang dipasang di RW 15, RW 25 dan RW 21. Dengan jenis pompa berjalan dengan kapasitas 67 – 300 liter per detik.

“Pada pintu air lima kali ledug ada tiga unit pompa diesel dengan kapasitas 700 liter per detik, dan dua unit pompa hidrolik dengan kapasitas 500 liter per detik. Sementara itu di pintu air tiga Situ Bulakan ada satu unit pompa dengan kapasitas 700 liter per detik dan dua unit ala berkapasitas 500 liter per detik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkot Tangerang Upayakan Penanganan Covid-19 Secara Maksimal

Dengan adanya skenario tersebut, Dinas PU yang berada dibawah naungan Pemkot Tangerang berharap kondisi banjir di Periuk dan sekitarnya dapat cepat surut dan tertangani. Sehingga, kondisi Kecamatan Periuk akan cepat pulih dan kembali normal. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here