Sukseskan Vaksinasi Covid-19, Pemkot Tangerang Targetkan 15.000 Peserta per Hari

0

POTRETTANGERANG.ID, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan vaksinasi massal Covid-19 selama 3 hari berturut-turut, yakini mulai 15 Juni hingga 17 Juni 2021 mendatang. Sekitar 45.000 dosis telah disiarkan dengan target sasaran sebanyak 15.000 sasaran per hari.

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi massal covid-19 di kota yang berselogan Akhlakul Karimah ini.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengatakan vaksinasi massal Covid-19 yang dilaksanakan ini diharapkan dapat berjalan lancar dan memenuhi target yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, yakini 1 juta orang bisa divaksin per hari.

“Selain itu, pemerintah akan terus mendorong agar kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di daerah bisa berjalan lancar dan memenuhi target secara nasional yakni satu orang divaksin dalam sehari,” tutur Wakil Presiden, Selasa (15/06/2021).

Baca Juga :  KPK Apresiasi Capaian Pemkot Tangerang Dalam Pencegahan Korupsi

“Kita mengejar terbentuknya kekebalan kelompok,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengungkapkan vaksinasi massal ini dibuka untuk empat kategori. Diantaranya, sasaran utama yaitu lansia dan pra lansia diatas 50 tahun atau KTP dengan kelahiran 1971. Kedua, tenaga pendidik baik formal maupun non formal.

“Bimbel, PAUD hingga sekolah keagamaan boleh mendaftarkan diri. Ketiga, masyarakat rentan yaitu disabilitas, ODGJ dan komorbid terkendali. Keempat, pelayanan publik seperti UMKM dan PKL,” papar Liza.

Saat ini, kata Liza pendaftaran sudah dibuka di seluruh kantor kelurahan. Kuotanya, per kelurahan 450 sasaran yang akan dibagi 150 per harinya. Masyarakat hanya perlu membawa KTP, dan kemudian petugas kelurahan akan mendata sesuai format Kemenkes.

Baca Juga :  Ketua DPRD Minta Pemkot Tangerang Tindak Tegas Bangunan Milik PT Annanpurna

Setelah itu, peserta akan mendapat kupon atau surat keterangan terkait hari dan lokasi pelaksanaan vaksinasinya.

“Bagi masyarakat yang sesuai dengan kategori dan belum divaksin, bisa mendaftarkan diri ke kantor kelurahan setempat,” jelasnya.

Lanjut Liza menjelaskan, dengan 15.000 sasaran per hari pelaksanaan akan dibagi di 40 lokasi vaksinasi. Diantaranya 3.500 sasaran di Puspem Kota Tangerang, 1.500 sasaran di Gedung MUI, dan 10.000 sasaran disebar di 38 Puskesmas di Kota Tangerang.

“Silakan mendaftarkan diri ke kantor kelurahan, vaksinasi massal ini dibuka untuk masyarakat yang ber-KTP Kota Tangerang. Pastikan saat dihari pelaksanaan, wajib bawa KTP dan kupon atau surat keterangan data peserta dari kelurahan. Jika tidak membawa, tenaga kesehatan tidak akan melayaninya,” tegasnya.

Baca Juga :  Ini Upaya Pemkot Tangerang Cegah Covid-19 di Pasar

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah menambahkan pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan Pemkot Tangerang hari ini adalah memenuhi target pemerintah secara nasional yakni 1 juta orang bisa divaksinasi dalam sehari.

“Untuk itu, Pemkot Tangerang terus meningkatkan jumlah penerima vaksin setiap harinya dengan target saat ini 15.000 orang sehari,” katanya.

“Harapan kita, Kota Tangerang bisa ikut mensukseskan target satu juta orang divaksin dalam sehari secara nasional,.” sambungnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here