Tingkatkan UKS, Puskesmas Kunciran Baru Beri Pelatihan Siswa SD

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Upaya meningkatkan usaha kesehatan di sekolah (UKS), UPT Puskesmas Kunciran Baru bersama PMI Kota Tangerang berikan pelatihan dokter kecil (Dokcil) ke siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

“Adik adik sudah pada tahu belum disuruh dateng kesini,” tanya Kasi Kemas Kecamatan Pinang, Trisnato Hadi Pratama ke siswa-siswi yang menjadi Dokcil saat sambutan, Senin (18/03/2019)

Trisnato mengatakan, pelatihan Dokcil ini merupakan kegiatan UPT Puskesmas bekerjasama dengan PMI. Dengan dilatihnya siswa-siswi SD itu dapat memberikan pertolongan pertama saat teman-temannya mengalami sakit.

“Nanti, ilmu yang didapat hari ini bisa dimanfaatkan untuk temen temen, baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan rumah, jika ada yang butuh pertolongan pertama,” ucapnya.

Sementara itu, seorang petugas UPT Puskesmas Kunciran Baru, Fika Fajri menambahkan, dokcil merupakan program tahunan yang diselenggaran Pusekemas, dalam meningkatkan UKS di SD.

“Jadi, Kita (UPT puskesmas, red) memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi, agar dapat mengerti dari pertolongan pertama, jika menemukan temannya yang sakit atau terjatuh,” kata Fika yang membidangi ahli gizi.

“Adapun peserta yang ikut hari ini, sebanyak hampir 70 anak dari enam perwakilan SD. Diantaranya, SD Pinang 3, SD Pinang 7, SD Pinang 5, SD Kunciran 5, 2, SDI Al Ikhwan dan SD Bina Insani,” tambahnya.

Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari ini. Lanjut Fika, pihaknya bekerjasama dengan PMI Kota Tangerang dalam memberikan ilmu materi dan praktek kepada siswa-siswi, agar dapat belajar dalam menangani temananya jika ada yang sakit.

“Semoga, dengan adanya ilmu yang diberikan kepada adik adik ini dapat bermanfaat, jika melihat ada yang butuh pertolongan,” pungkasnya. (Gor/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *