Waspada Penyakit di Musim Penghujan

0 0
Read Time:1 Minute, 9 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Menjaga kesehatan setiap saat harus dilakukan, terutama di saat musim penghujan seperti ini. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penyakit yang kapan saja bisa menyerang. Diantaranya dengan meningkatkan pengetahuan dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, turut berbagi informasi terkait penyakit yang sering datang di musim penghujan lengkap dengan cara pencegahannya.

Pertama, Influenza, virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus dan air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

“Pencegahannya, bisa dengan olahraga dan istirahat yang cukup. Perbanyak makanan buah dan sayur, cuci tangan yang bersih dan gunakan masker saat terkena flu,” ungkap Liza, Kamis (2/1/20).

Lanjutnya, kedua yaitu penyakit demam berdarah, penyakit akibat virus yang dibawa aedes aegypti dan aedes albopictus. Sering terjadi di musim hujan, saat perkembangbiakan nyamuk meningkat.

“Pencegahan, lakukan 3M Plus yaitu menguras bak mandi, menutup tempat air dan memanfaatkan barang bekas serta melakukan Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN),” jelasnya.

Ketiga, penyakit diare, penyebab diare adalah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasite. Diare disebabkan, bakteri ecoli, salmonella, shigella dan lainnya.

Adapun untuk pencegahan, masyarakat wajib cuci tangan pakai sabun diair mengalir, buang air besar pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan makanan.

“Terus waspada dan jaga kesehatan, makan tepat waktu. Jika fisik kuat dan fit, insyaallah penyakit tidak melanda tubuh kita,” pesannya. (Gor/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *