Disbudpar Kota Tangerang Akan Pasang Prasasti di Tujuh Cagar Budaya

0

 

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Hj Raden Rina Hernaningsih. Foto : Viba.

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berkomitmen untuk melestarikan dan menjaga benda-benda peninggalan sejarah. Dalam menjaga benda tersebut, Disbudpar akan memasang prasasti di tujuh cagar budaya.

 

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Hj. Raden Rina Hernaningsih mengatakan, pihaknya mengakui tujuh cagar budaya itu melalui proses pemilihan. Diketahui, pada 2011 lalu, pemerintah telah menetapkan sembilan cagar budya. Pihaknya memilih tujuh dari sembilan cagar budaya yang telah ditetapkan.

Klenteng Boen San bio, Foto : Viba

 

“Dari sembilan cagar budaya yang ditetapkan Pemerintah Kota Tangerang pada 2011 lalu, tujuh diantaranya akan kita pasang prasasti. Tujuan dipasangnya prasasti itu agar masyarakat luar mengetahui cagar budaya yang ada di Kota Tangerang,” katanya, Selasa (05/06/2018).

Baca Juga :  Kemeriahan Festival Al Azhom Sambut Tahun Baru Islam

 

Museum Heritage, Foto : Viba.

Bahkan dia menerangkan, kesembilan cagar budaya tersebut telah masuk kedalam nominator UNESCO. Beberapa cagar budaya itu yakni Masjid Kali Pasir, Klenteng Boen San Bio, Klenteng Boen Tek Bio, Bendungan Pintu Air Sepuluh, Lapas Anak Pria, Lapas Anak Wanita, Lapas Pemuda, Museum Benteng Heritage, dan Stasiun Kereta Api Tangerang.

Pintu masuk Stasiun Kereta Api Tangerang, Foto : Viba

Keseluruhannya yang hanya dipasang prasasti hanya tujuh cagar budaya. Menurut rencana pemasangan prasasti tersebut akan dilakukan pada Juli 2018 nanti. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait dengan dua cagar budaya yang tidak dipasang prasasti.

“Prasasti sedang diproses dengan pengelola dan pengurus. Rencana di bulan Juli 2018 nanti yang sudah pasti kita pasang prasasti yaitu tujuh cagar budaya,” pungkasnya. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here