Sebanyak Tujuh WNA Tiongkok Diamankan Imigrasi Tangerang

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang –┬áPetugas Imigrasi Klas 1 Tangerang mengamankan tujuh Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok, dari PT. SMS Steel lantaran tidak memiliki dokumen resmi. Ketujuh TKA tersebut bekerja sebagai tenaga ahli pabrik peleburan baja yang berlokasi di Kecamatan Tigaraksa, Tangerang, Banten.

“Mereka ini tidak memiliki izin ke imigrasian, mulai dari penyalahgunaan Visa, dan dokumen kenegaraan,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Tangerang, Herman Lukman, Selasa (5/8/2018).

Selain itu, lanjut Herman, ketujuh TKA ini kebanyakan bekerja disebagai tenaga ahli sekaligus kasar.

“Kita temukan para TKA ini yang bekerja baik dibidang tenaga ahli atau kasar, untuk yang ahli pun sebetulnya dalam pemeriksaan kita, pekerjaan yang mereka lakukan bisa dikerjakan oleh tenaga dari Indonesia dan ada juga yang kasar dibagian peleburan,” kata Herman.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19, Karang Taruna Kecamatan Larangan Bagikan Sembako ke Warga

Tidak hanya itu, pihaknya juga mendapati 35 TKA yang bekerja dipabrik tersebut, tidak cakap berbahasa Indonesia maupun bahasa inggris.

“Jadi totalnya ada 42 TKA yang bekerja disini, dan seluruhnya kesulitan berbahasa Indonesia,” terang Herman.

Sebelum adanya pemeriksaan, sempat terjadi aksi protes pihak perusahaan lantaran, tidak mengizinkan tim imigrasi untuk melakukan pemeriksaan perusahaan.

“Tadi ada sempat kesulitan untuk masuk kedalam, namun akhirnya bisa. Meski para TKAnya juga banyak yang bersembunyi terutama dibagian peleburan dan juga WNA yang tidak memiliki dokumen lengkap,” ungkap Herman. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here