Menhub Wacanakan Jalur Khusus Bus pada Penerapan Ganjil Genap di Tol Tangerang

0

POTRETTANGERANG.ID, Jakarta –¬†Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewacanakan ada jalur khusus bus untuk mendukung penerapan ganjil-genap di Tol Tangerang.

“Saya nilai Tangerang ini lebih bagus. Indikasinya belum ada program, orang naik bus eksekutif itu sangat banyak sekali. Jadi artinya kalau saya kasih jalur khusus akan semakin banyak,” kata Budi Karya usai menghadap Presiden di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (16/4/2018).

Dia mengungkapkan, pada Senin ini pihaknya meluncurkan uji coba ganjil-genap tol Tangerang bersama Pemkot Tangerang Selatan dan Pemkot Tangerang. Budi Karya mengatakan, dalam tahap percobaan dan sosiaslisasi ini, pihaknya telah menyediakan 17 bus untuk mengangkut penumpang yang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Baca Juga :  Bawaslu Kota Tangerang Ajak Mahasiswa Awasi Pemilu 2019

“Sementara 17 bus. Dievaluasi dua minggu, bisa nambah, bisa kurang dan kecenderungannya nambah,” ujar Budi Karya.

Menhub yakin dengan penerapan sistem ganjil-genap ini masyarakat akan beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Dalam pemberitaan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi meluncurkan uji coba ganjil genap tol Tangerang bersama Pemkot Tangerang Selatan dan Pemkot Tangerang.

“Peluncuran ini sebagai jalan keluar dan edukasi kepada masyarakat yang sehari-harinya menggunakan lajur Tol Tangerang Jakarta,” kata Budi Karya.

Dia menambahkan,diberlakukannya ganjil-genap ini merupakan tindak lanjut dari pengentasan kemacetan yang kerap terjadi di daerah penyangg Ibu Kota. Kebijakan serupa di Kota Bekasi yang menunjukkan hasil signifikan, yakni berkurangnya pengguna kendaraan pribadi sebesar 36 persen.

Baca Juga :  PDAM TB Targetkan 17 Ribu Sambungan di 2018

“Kecepatan juga naik sekitar 20 persen. Ini menunjukkan prestasi yang baik. Dan dewan kota juga mengapresiasi,” tutur dia.

Saat ini, yang akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai adanya percobaan ganjil-genap kepada masyarakat dan para providerpengembang. Bagi masyarakat yang setiap harinya terbiasa menggunakan kendaraan pribadi dan melintas di jalur Tol Janger bisa menggunakan kendaraan umum yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan.

Ada tiga armada bus yakni Sinar Jaya, PPD dan Royal Trans yang siap mengantar masyarakat ke tujuannya. “Bagi pengembang hal ini merupakan salah satu upaya. Saya apresiasi upaya ini. Supaya ini tidak membuat susah masyarakat melainkan dapat mengedukasi. Agar apa yang kita lakukan bisa lebih baik,” kata dia. (Inews/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here