16 Tahun Warga Babakan Geluti Usaha Dodol Betawi

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Sorani, ibu rumah tangga yang tinggal di RT 01, RW 05, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang telah menggeluti usaha dalam memproduksi dodol khas Betawi. Bahkan, didiknya itu telah diproduksinya sejak 2002 silam.

“Dodol khas Betawi ini sudah kami produksi selama 16 tahun. Awalnya, orangtua saya yang membuat dodol Betawi ini untuk setiap Lebaran Idul Fitri,” kata wanita yang kerap disapa Mpo Ani, Rabu (28/03/2018).

Dijelaskannya, dodol tersebut diproduksinya sendiri tanpa bantuan alat mesin pencetak dodol. Sehingga, kekhasan dodol itu terjamin rasanya. “Iya saya buat dengan sendiri, meski masih dibantu oleh ibu saya,” tuturnya.

Namun, dodol Betawi itu, tidak dipasarkan melalui pedagang yang berada di pasar ataupun lainnya. Kini dodol itu, ditegaskannya hanya dapat dipesan. Lantaran dirinya tak memproduksi banyak.

Baca Juga :  HUT UDD Ke-14, PMI Tangkot Santuni Puluhan Anak Yatim

“Iya saat ini hanya untuk pesanan saja. Seperti kawinan ataupun acara lainnya. Harga dodol ini satu kilogramnya Rp 70 ribu,” jelas Mpo Ani yang menambahkan dodol Betawi itu akan tetap dilanjutkan dirinya, lantaran menjadi turun temurun bagi dirinya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Tangerang, Dedi Hasbullah mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) itu ke Pemerintah Kota Tangerang.

“Selain ada dodol Sewan, juga ada dodol Betawi. Jadi produksi yang dilakukan masyarakat Kota Tangerang ini harus mendapat perhatian pemerintah. Karena, pemerintah sudah ada gerai UMKM di Bandara Soekarno Hatta. Iya, dodol ini dapat dipromosikan di gerai itu,” tegas Dedi seusai membeli dodol Betawi Mpo Ani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here