Diduga Terserang Difteri, Dinkes Kota Tangsel Hasil Laboratorium Aufatul Negatif

0 0
Read Time:1 Minute, 4 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Dari hasil laboratorium mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah, Aufatul Khuzza (19) yang meninggal dunia itu negatif difteri, pasalnya sebelum meninggalnya Aufatul, diduga mengidap penyakit difteri, lantaran sakit tenggorokan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Suhara Manulang mengatakan, hasil pemeriksaan laboratorium terhadap Aufatul, mahasiswi semester lima Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, negatif difteri.

“Hasil dari Litbangkes Kemenkes nomor satu atas nama Aufatul negatif,” kata Suhara saat dikonfirmasi, Selasa (26/12/2017).

Mahasiswi yang berasal dari Serang, Provinsi Banten itu disebut meninggalnya karena difteri pada Minggu (24/12/2017). Namun, dari hasil laboratorium tidak menemukan bakteri difteri didalam tubuh Aufatul.

Menurut Suhara, Aufatul meninggal diduga pengidap penyakit lain. Meski Aufatul tak terserang difteri, pihaknya tetap memberikan vaksin dan pemeriksaan terhadap kontak erat Aufatul, dalam hal ini teman-teman satu asramanya di Sekretariat Himpunan Mahasiswa Banten, UIN Jakarta.

Pemberian vaksin dan pemeriksaan terhadap kontak erat Aufatul merupakanstandard of procedure (SOP) atau prosedur standar yang mesti dilakukan begitu ada yang dinyatakan menderita difteri. Hal itu bertujuan memutus rantai penularan difteri.

“Kemudian Alhamdulillah ini negatif, tetapi kalau nanti dari swab (apus) tenggorokan dari kontak erat ada yang merupakancarrier positif, yang artinya ada bakteri difteri dalam tubuhnya tapi tidak menunjukkan gejala-gejalan maka kita akan lakukan ke tahap selanjutnya,” tandas Suhara. (War)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *