Target 80 Persen Partisipasi Pemilih di Kabupaten Tangerang

0

POTRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang targetkan partisipasi pemilih sebesar 80 persen. Maka, Targetan tersebut, perlu disosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabhpaten Tangerang ke setiap pemilih, diantaranya pemilih pemula.

“Berbagai sosialisasi kepada pemilih pemula dilakukan agar tingkat partisipasi meningkat,” kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Jamaludin yang diterima potrettangerang dalam rilis, Senin (25/12/2017).

Dia menjelaskan, Pilkada 2018 mendatang, diharapkan partisipasi pemilih dapat bertambah, terutama bagi pemilih berusia 17 tahun ke atas. Hal tersebut, diharapkan agar mereka dapat melakukan perekaman data, untuk pembuatan e-KTP yang merupakan salah satu persyaratan mengikuti Pilkada.

Untuk meningkatkan partisipasi tersebut, KPU bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan sosialisasi di Kantor Kecamatan Balaraja dengan melibatkan DPRD setempat sebagai wakil masyarakat.

“Dengan sosialisasi itu, diharapkan, masyarakat dapat menghindari politik uang yang digelontorkan oleh tim sukses, atau di iming-imingi hal yang menggiurkan oleh calon tersebut,” tegasnya.

Sesuai Peraturan KPU, pemberi dan penerima dapat dikenakan sanksi pidana dalam Pilkada 2018. Maka pihaknya menegaskan kembali, masyarakat harus dapat menghindari politik uang pada Pilkada mendatang.

Dalam sosialisasi itu juga mengemuka masyarakat dapat mencocokan dan validasi data, sehingga dapat menjadi pemilih tetap. Dengan begitu, KPU Kabupaten Tangerang optimist terhadap target 80 persen itu, dapat tercapai dengan catatan partisipasi pemilih yang telah merekam data e-KTP.

Sebelumnya, Pemkab Tangerang mempercepat pelayanan perekaman data e-KTP kepada warga yang tersebar pada 29 kecamatan, termasuk pelayanan jemput bola mengunakan kendaraan khusus.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Tangerang, Safrudin mengatakan petugas Kantor kecamatan juga membuka loket pada Sabtu dan Minggu.

Saat ini tercatat sekitar 80.000 warga yang belum melakukan perekaman data e-KTP pada 29 kecamatan dan 426 desa/kelurahan.

Namun Disdukcapil Pemkab Tangerang telah mendapatkan pengiriman blangko e-KTP dari Pemprov Banten sebanyak 120.000 keping. (Dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here