Ratusan Siswa di Kota Tangerang Diimunisasi Tanggulangi Difteri

0

 

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Untuk menanggulangi penularan penyakit difteri, Dinas Kesehatan Kota Tangerang berikan imunisasi terhadap ratusan pelajar sekolah dasar se-Kota Tangerang.

SDN Karawaci 3, kali ini yang menjadi peserta dalam vaksin dengan diikuti 316 siswa. Mereka disuntik satu per satu dalam pemberian imunisasi DPT.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dr Liza Puspa Dewi mengatakan, penyuntikan itu, untuk memberikan kekebalan tubuh pada siswa. Namun, dalam pelaksanaanya ada beberapa siswa yang menolak untuk disuntik.

“Mereka takut pada jarum suntik. Bahkan ada yang nangis dan juga ngumpet di kolong meja. Pingsan tidak ada,” kata Dr Liza saat melaksanakan ORI di SDN 3 Karawaci, Senin (11/12/2017)

Dijelaskan Dr Liza bahwa pelaksanaan ORI itu tak hanya di sekolah. Bahkan di posyandu dan puskesmas pun melakukan imunisasi difteri tersebut. Sebanyak 618 ribu anak di Kota Tangerang yang harus dilakukan imunisasi melalui kegiatan ORI itu.

Dengan adanya imunisasi ini, diharapkan tidak ada lagi orangtua yang tidak mengimunisasi anaknya. Penyakit difteri saat ini sudah mewabah di Kota Tangerang. Penyakit itu sebagian besar menyerang korbannya yang masih berusia 1 hingga 18 tahun.

“Di Kota Tangerang ada delapan penderita kasus yang di bawah umur 18 tahun,” ungkap Liza.

Liza mengatakan, dengan imunisasi diharapkan bisa meningkatkan zero protektif pada anak-anak, sehingga transmisi bisa ditiadakan. Terlebih, agar anak-anak di Kota Tangerang bisa sehat dan tidak terkendala saat dia ingin mencapai cita-citanya. (Mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here