Kampung Rancadulang Karawaci Berasal Dari Rawa dan Tutup Makanan

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Rancadulang, nama salah satu kampung di Kelurahan Margasari, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang. Kampung tersebut dahulunya lebih banyak rawa dari pada daratan.

Hal itu diceritakan Ustadz Khaerudin Ibnu Muhammad Zein, bahwa dahulunya Rancadulang bukan lah dataran tanah, melainkan persawahan masyarakat dan rawa.

“Pada tahun 1980-an, di sini lebih banyak perairannya seperti sawah ataupun rawa. Rumah warga masih sedikit,” ungkapnya salah satu tokoh agama di lingkungan Rancadulang kepada potrettangerang.id, Minggu (09/12/2017).

Dia menjelaskan arti nama Rancadulang terdiri dari dua suku kata, yaitu Ranca berarti rawa-rawa dan Dulang berarti tutup makanan.

“Dulu, ketika hujan disini rawanya banjir, lalu banyak sajian makanan yang berjalan (ngambang) di atas air dengan ditutupi dulang (nama tutup makanan). Dari situlah dinamakan Rancadulang,” jelasnya.

Pendudukan Rancadulang terdiri dari berbagai beragam suku, ada Sunda, Jawa dan Batak. “Tapi penduduk asli Rancadulang etnis Sunda,” tandasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here