Gagal Dilantik, Kinerja BKPSDM Dinilai Amburadul

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dinilai amburadul oleh LSM TOPAN RI. Lantaran gagalnya melakukan rotasi dan promosi terhadal puluhan pegawai dilingkup Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada Senin (12/04/2021) lalu.

Ketua LSM TOPAN RI Kota Tangerang, Jimmi Simanjuntak mengatakan, banyak kejanggalan dalam rotasi, promosi dan mutasi yang dilakukan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, lantaran banyak ASN yang batal menempati posisi baru.

Menurut Jimmi, untuk melakukan pelantikan (rotasi dan promosi) ASN, selayaknya BKPSDM melakukan perencanaan yang matang, baik itu dari faktor golongan hingga masa kerja. Sehingga data-data bisa diperiksa oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Baca Juga :  Truck Sampah Tak Layak Pakai, LSM TOPAN Pertanyakan Anggaran Pemeliharaan DLH

“Yang terjadi pada pelantikan waktu itu, banyak pejabat yang mengikuti pelantikan secara daring, tapi hasilnya tidak ada pergantian pejabat (batal),” kata Jimmi.

Melihat kondisi seperti ini, kata Jimmi, bukti lemahnya manajemen dari BKPSDM dalam melakukan rotasi dan mutasi bagi ASN se-Kota Tangerang. Padahal, BKPSDM menjadi wadah yang netral dalam karier ASN, khususnya di Pemkot Tangerang.

“Karier ASN sangat penting, sehingga BKPSDM harus netral dalam mengajukan nama-nama ASN yang siap untuk dirotasi dan promosi. Coba lihat itu, ada salah satu ASN menjabat Camat, tapi karena golongannya belum cukup akhirnya dibatalkan, dan tetap menjadi Plt Camat dengan posisi Sekcam,” jelas Jimmi seraya menambahkan, jangan sampai pelantikan sebagai ajang karena kedekatan dengan penguasa. Artinya, ASN yang dilantik ini hanya orang-orang yang memiliki kedekatan dengan kepala daerah yang mengakibatkan Baperjakat tidak berfungsi.

Baca Juga :  LSM TOPAN Pertanyakan Kontainer milik DLH Kota Tangerang di GWR

“Padahal jika BKPSDM mau melakukan seleksi banyak ASN yang memiliki potensi dan kualitas kinerja yang bagus. Dan, bukan ASN yang dipilih karena kedekatan,” pungkasnya. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here