Pekerjaan Jalur Atletik Stadion Benteng Terkesan Asal Jadi

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Proyek pekerjaan perkerasan Jalur Atletik Stadion Benteng di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang terkesan asal jadi. Proyek yang selesai pada akhir tahun 2020 itu, mulai menjadi sorotan.

Tokoh Masyarakat Kota Tangerang, Ayip Amir menilai, hasil pengerjaan proyek yang rampung pada akhir Desember 2020, tampak tidak sesuai ekspektasi. Kualitas pengaspalan pada jalur atletik tersebut, terlihat buruk dan terkesan asal jadi.

Menurut dia, terlihat dari banyaknya hamparan aspal yang bergelombang di sejumlah titik di lintasan tersebut. “Selain itu, di beberapa titik kelihatan sekali ada lubang pori-pori. Kalau hotmix itu kan seharusnya dia rapet, nggak ada lubang porinya,” ujar Ayip Amir kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Baca Juga :  Pemasangan Pipa Dinas Perkim Diduga Tak Sesuai Spesifikasi

Melihat kualitas hotmix yang tidak maksimal tersebut, Amir pun menyoroti bagaimana proses perencanaan awal. Terutama proses pemadatan kontur tanah sebelum dilakukannya pengaspalan.

“Sepertinya pemadatan tanah yang dilakukan tidak maksimal. Sehingga hasil pengaspalannya pun tidak maksimal. Karena, kalau saya lihat di beberapa titik ada hamparan (hotmix,red) yang tidak rata dan bergelombang,” jelasnya.

Lebih jauh Amir pun meyakini, jika melihat kondisi proyek yang belum genap dua bulan rampung dikerjakan tersebut, bukan tidak mungkin kedepannya akan cepat mengalami kerusakan.

“Kalau melihat kondisinya, paling belum setahun sudah retak-retak. Karena di bagian bawah tribun penonton saja sudah ada bagian yang ditumbuhi rerumputan. Bukan tidak mungkin, ini nantinya bisa jadi temuan aparat penegak hukum,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dinas Perkim Kota Tangerang Bangun Toilet Umum di Kampung Tematik

Dari pantauan wartawan di lokasi lintasan atletik Stadion Benteng, tampak genangan air terlihat di beberapa titik lintasan.

Setidaknya, terdapat kurang lebih 13 titik cekungan di lintasan atletik yang menimbulkan genangan air di lintasan yang melingkari lapangan utama stadion tersebut. Selain itu terdapat hamparan aspal persis di bawah tribun penonton yang telah ditumbuhi rerumputan.

Diketahui, proyek tersebut menggunakan anggaran APBD Kota Tangerang tahun 2020 dengan pagu anggaran senilai Rp 1,3 miliar. Adapun pos anggaran tersebut berada di Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) setempat. Berdasarkan data pada LPSE Kota Tangerang, proyek pekerjaan perkerasan Jalur Atletik Stadion Benteng dilaksanakan CV Kosong Sembilan.

Setelah hasil lelang dan hasil penawaran terendah, proyek tersebut dimenangkan CV Kosong Sembilan dengan nilai penawaran Rp 895 juta.

Baca Juga :  Kualitas Buruk Proyek Jalur Atletik Stadion Benteng, DPRD Soroti Lemah Pengawasan Dinas

Hingga berita ini diturunkan, wartawan masih mencoba mengkonfirmasikan perihal ini ke Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here