Adanya Penyakit Chikungunya, PMI Lakukan Fogging di Pinang

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Pinang bersama PMI Kota Tangerang melakukan penyuluhan tentang gerakan 3M Plus dan penyemprotan Fogging di rumah – rumah warga yang berada di Jalan H. Djiran, RT 08 RW 01 Kelurahan dan Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Penyuluhan dan Fogging tersebut dilakukan atas adanya dugaan masyarakat yang terkena penyakit chikungunya, selain itu juga untuk memberantas bibit-bibit nyamuk Aedes Aegypti demi mengantisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit Chikungunya.

Ketua PMI Kacamatan Pinang Mumu Rohimu mengatakan, penyemprotan ini dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat yang mengatakan di wilayah RT 08/01 kelurahan pinang diduga sudah ada yang terkena penyakit Chikungunya.

Baca Juga :  Wabah Covid-19, KNPI Bersama PMI Pinang Berikan Sambako ke Warga

‚ÄúDengan ini Kami (pengurus PMI), Kelurahan dan Kecamatan Pinang juga berkordinasi dengan puskesmas setempat, mengambil langkah untuk melakukan penyemprotan karena sudah ada beberapa warga yang teridentifikasi Chikungunya,” ujar Mumu, Rabu (19/02/2020).

Mumu juga menghimbau bahwa saat ini masyarakat harus menggalakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) mulai dari keluarga sendiri, yang mana untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dari genangan air ditempat perkembangan nyamuk.

“Kalau didalam rumah dengan gerakan 3M Plus seperti Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain juga menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Periuk Diimbau Antisipasi Musim Penghujan

Sementara, Ari salah satu warga yang terdampak chikungunya mengaku sudah 3 hari mengalami gejala-gejala seperti ngilu di sekujur tubuh dan badannya pun panas dingin, jari pergelangan dan tubuh merasa nyeri.

“Iya saya merasa sakit di seluruh badan dan ngilu bahkan saya sudah berobat, saat ini saya hanya meminum obat saja setelah saya periksa ke klinik, namun saya belum cek ke Rumah Sakit ataupun lab jadi masih belum ketauan penyakitnya apa,” terangnya.

Ditempat terpisah, Walikota Tangerang Arif R Wismansyah menambahkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat sudah melakukan pengecekan kepada masyarakat yang terkena penyakit chikungunya diwilayah Kecamatan Pinang.

“Itukan diakibatkan oleh nyamuk, makanya saya mengajak kepada masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup bersih dan sehat. Jadi kalau sudah melakukan pola hidup bersih dan sehat bukan cuma penyakit chikungunya saja dapat diatasi, tapi penyakit penyakit lain juga bisa kita atasi,” pungkasnya. (Gor/Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here