Kanwil Kemenag Kabupaten Tangerang Dukung Sertifikasi Siap Nikah

0 0
Read Time:1 Minute, 0 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kabupaten Tangerang – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang mendukung wacana program pemerintah pusat tentang sertifikasi siap nikah.

“Program itu bagus jika diaplikasi di Negara kita. Dan pelaksanaan bimbingan pra nikah tersebut sudah lama dilaksanakan walau hanya sebatas himbauan, yang artinya belum menjadi persyaratan utama,” kata Hariri, kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Kabupaten Tangerang, Selasa (19/11/2019).

Lanjut Hariri, program itu pun pelaksanaannya tidak memakan waktu lama, hanya dua hari. Diakhir kegiatanpun diberikan sebuah piagam bukan sertifikat.

Namun, jelas Hariri, dalam hal ini pihaknya sebenarnya menghendaki setiap calon pengantin mendapatkan pembekalan, persiapan untuk menyongsong kehidupan dalam menjalankan kehidupan rumah tangga. Dan pada akhir pembekalan diberikan sertifikat sebagai bukti siap melakukan pernikahan.

Sementara itu, disisi lain pada program sertifikasi ini pun memiliki dampak positif dalam memberikan pembekalan, baik ilmu pengetahuan ekonomi, kewajiban suami istri, ilmu kesehatan reproduksi dan kemampuan merawat anak.

Untuk dampak negatifnya, pembinaan ini paling tidak akan memperpanjang masa birokrasi dan prosedur jelang pernikahan. Namun, demi kebaikan kehidupan rumah tangga di masa yang akan datang tentunya program tersebut sangat bermanfaat.

“Selama ini baru sebatas pengetahuan umum saja. Untuk pengetahuan lainnya, mereka yang akan melaksanakan pernikahan belum mengetahui secara pasti,” pungkasnya. (Bem/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *