Pengaruh New Media Pada Komunikasi Politik

0

 

Oleh : Dian Ardika A. Malikiddin,
Mahasiswi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, Jakarta

POTRETTANGERANG.ID, Opini –┬áKehidupan umat manusia sekarang tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Generasi sekarang memang dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi, salah satu perkembangan teknologi yang terjadi pada generasi ini adalah media baru (new media) yang kemudian melahirkan media sosial (social media), kehadiran media sosial ini juga mempengaruhi bidang politik. Artikel ini akan memaparkan tentang pengaruh new media pada komunikasi politik.

Apa itu New media dan Komunikasi politik Menurut Croteau (1997:12) new media adalah, media baru yang muncul akibat inovasi teknologi dalam bidang media meliputi televisi kabel, satellites, teknologi optic fiber dan komputer.
Atau dapat disimpulkan bahwa media baru ialah media yang tersaji di internet, yakni media siber (media daring/media online) atau situs web, dan juga media sosial. Salah satu contoh dari media sosial adalah twitter.

Komunikasi politik dapat dilihat dalam arti sempit maupun dalam arti luas. Dalam arti sempit komunikasi politik adalah setiap bentuk penyampaian pesan, baik dalam bentuk lambang maupun dalam bentuk kata-kata tertulis atau terucapkan, ataupun dalam bentuk isyarat yang mempengaruhi kedudukan seseorang yang ada dalam suatu struktur kekuasaan tertentu. Sedangkan dalam arti luas, komunikasi politik adalah setiap jenis penyampaian pesan, khususnya yang bermuatan info politik dari suatu sumber kepada sejumlah penerima pesan.

Pengaruh new media dalam komunikasi politik yang terjadi di Indonesia
Berdasarkan hasil penelitian dari Sholihul Abidin dan Ageng Rara Cindoswari (Jurnal Universitas Putera Batam, 2018) kampanye yang dilakukan oleh Ridwan Kamil pada pilkada Jawa Barat 2018 adalah memanfaatkan cultural environtment di Indonesia yang berkembang pesat beberapa tahun terakhir yaitu budaya penggunaan sosial media yang cukup tinggi, yaitu selebriti.

Sistem selebriti dalam politik menjadi konsep baru yang sekarang ini disadari manfaatnya untuk menghubungkan pelaku politik dengan pemilihnya Ridwan Kamil beserta timnya mengadaptasi budaya popular sebagai strategi kampanye politiknya. Kemajuan teknologi komunikasi global khususnya internet diikuti dengan tren penggunaan sosial media yang tinggi. Aktivitas politik tidak lagi terbatas pada forum-forum birokrasi formal melainkan berkembang ke arah yang lebih popular seperti sosial media. Penggunaan sosial media yaitu twitter oleh Ridwan Kamil dalam berkampanye adalah untuk membangun citra politik.

Ridwan Kamil memang selama ini menyandang selebritas sosial media memiliki follower paling banyak diantara para kandidat di Pilkada Jabar lainnya. Namun melalui penjabaran di atas, strategi yang dilakukan oleh Ridwan Kamil menggambarkan dirinya sebagai sosok kandidat yang terbuka, dekat dengan masyarakat, kredibel, dan merakyat (egaliter).

Pesan yang berbeda serta cara penyampaian yang berbeda dengan memanfaatkan sosial media sebagai media komunikasi kepada konstituen membuat Ridwan Kamil semakin lebih dekat dengan warga Jawa Barat.
Peranan sosial media disini sangat penting, karena mampu mendongkrak suara secara signifikan bahkan membentuk opini.

Berangkat dari pemahaman di atas, penggunaan media sosial dalam kampanye yang dilakukan oleh Ridwan Kamil pada pilkada Jawa Barat 2018 adalah sebuah komunikasi politik yang dinilai cukup mampu menjadi daya tarik publik untuk mengetahui kandidat secara personal. Selain cukup untuk menjadi daya tarik, juga bertujuan sebagai sarana komunikasi dua arah antara pasangan calon dengan masyarakat.

Pemilihan media sosial (twitter) sebagai saluran komunikasi dinilai cukup beralasan mengingat kecepatan waktu dalam penyampaian pesan dan jangkauan khalayak yang sangat luas sehingga memudahkan politisi dalam menyampaikan pesan politiknya. Selain itu, twitter juga dapat menciptakan hubungan dekat antara politisi dengan konstituennya sehingga meleburkan jarak (distance) yang ada. (*)

-ADVERTISMENT- -ADVERTISMENT-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here