Berhasil Tutup Kebocoran Pipa, Air PDAM TB Kembali Mengalir ke Pelanggan

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang –┬áSetelah sembilan hari mengalami kebocoran pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) di Jalan Halim Perdana Kusuma, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang. PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang berhasil memperbaiki pipa tersebut, sehingga pelayanan air dapat mengalir ke pelanggan yang terkena dampak kerusakan itu.

Direktur Utama PDAM TB Kota Tangerang, Sumarya mengatakan, pihaknya dapat menyelesaikan perbaikan pipa JDU itu dengan berjibaku selama 10 hari. Pada Jumat (21/092/018) sekitar pukul 05.00 WIB, pihaknya berhasil menutup kebocoran pipa itu.

“Karena banyak kesulitan kondisi, diantaranya utilitas fan kedalam pipa 9 meter. Jadi dapat diselesaikan selama seminggu. Dimulai perbaikannya Kamis (13/09/2018) sampai dini hari (Jumat, 21/09/2018),” terangnya sambil menambahkan, seusai penyelesain pipa JDU itu, pihaknya membersihkan terlebih dahulu jaringan pipa, agar air tak keruh saat disuplai ke pelanggan.

Baca Juga :  Satlinmas Jadi Petugas Pengamanan di TPS

“Pukul 06.30 WIB sudah didistribusikan ke masyarakat air ini. Mohon maaf apabila air mengalir ini sedikit keruh. Karena perku pencucian keseluruh pipa yanga da diwilayah pelanggan,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa yang terkena dampak atas bocornya pipa JDU itu sebanyak empat kelurahan, yakni Kelurahan Cipondoh Indah, Kelurahan Poris Plawad, Kelurahan Cipondoh Makmur dan Kelurahan Cipondoh Induk. Meski sudah mengalirnya air, pelanggan masih dapat pelayanan dari pihaknya untuk air yang dikirim melalui truk tangki.

“Saat perbaikan pipa. Kami melayani masyarakat dengan air bersih yang dikirim truk tangki. Sebanyak 19 truk tangki yang kami persiapkan untuk mengirim air ke pelanggan, dari 12 truk tangki Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, tujuh truk tangki dari PDAM dan PT Moya,” paparnya.

Baca Juga :  Catat! Ini Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Untuk Jadi Dirum PDAM TB Kota Tangerang

Pihaknya akan mengevaluasi atas kebocoran pipa JDU itu. Supaya, kerugian PDAM TB atas kebocoran pipa itu tak terulang kembali. Lantaran, sebanyak 20 ribu pelanggan PDAM yang terkena dampak atas kebocoran pipa itu.

“Kita belum rekap kerugiannya. Karena ini kejadian pertama pada pipa JDU, jadi kami akan mulai evaluasi dari maintenance. Beberpaa SOP akan kita lakukan evaluasi, supaya kejadian ini dapat ditanggulangi lebih cepat lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Sabaroh, Ketua RT 10/05 Poris Indah mengatakan, air kembali mengalir sekira pukul 10.38 WIB. Meski begitu, ia mengaku air masih terlihat kotor lantaran berwarna kecoklatan.

“Terimakasih bapak Dirut PDAM TB, akhirnya air di RT 10/5 dapat kembali mengalir, semua warga gembira,” tandasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here