PMI Kota Tangerang Bantu Pengamanan Natal dan Tahun Baru

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang bantu kepolisian dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Bahkan, seluruh personel dan armada PMI akan ditempatkan disejumlah posko yang telah disediakan kepolisian. Sehingga, pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang dapat berjalan dengan aman serta nyaman bagi masyarakat.

Ketua PMI Kota Tangerang, Kuswarsa mengatakan, pihaknya akan membantu aparat yang sedang bertugas, serta membuka posko pelayanan sendiri di sejumlah Gereja dan titik padat keramaian masyarakat. Lantaran, terjadinya kecelakaan lalu lintas pada Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang, dapat secara cepat PMI melakukan pertolongan pertama kepada korban.

“Setiap tahun kami rutin membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru, dan kami akan membantu aparat kepolisian dalam rangka pengamanan dan pelayanan pertolongan pertama, serta kegawat daruratan kecelakaan lalu lintas dan antisipasi siaga bencana. Pasalnya, sudah menjadi tradisi pada libur Natal dan tahun baru. Karena banyak masyarakat yang mudik dan berwisata dan tingkat kecelakaan itu sangat tinggi,” ucapnya kepada awak media. Kamis (24/12/2017)

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan PMI Kota Tangerang, Agus Gilang Prabowo menjelaskan, PMI juga akan mengerahkan dua armada mobil dan dua unit armada ambulance. Keberadaan sarana ini untuk pelayanan keliling siaga lakalantas dan bencana.

“Setiap tim ini sedikitnya terdiri dari sembilan personel sukarelawan PMI yang mempunyai kualifikasi pertolongan pertama medis. Tim tersebut akan dilengkapi dengan peralatan kedaruratan dan obat-obatan pertolongan pertama,” katanya

Di tempat yang sama, Kepala Markas PMI Kota Tangerang, Mustofa Kamaludin menambahkan. untuk operasi keliling beroperasi pada 24 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 mendatang. Dalam pelaksanaanya di bawah koordinasi pihak kepolisiaan sebagai komando operasi dalam operasi Lilin 2017.

“Kami sudah berkoordinasi langsung dengan pihak kepolisian dalam hal ini satuan unit Lakalantas Polres Kota Tangerang, terutama untuk operasi pelayanan pertolongan pertama kecelakaan lalulintas. Koordinasi serupa juga dilakukan dengan Instansi terkait dalam hal penyedia layanan rujukan kesehatan” ujar Mustofa

Sekedar informasi. untuk malam hari Natal, tim PMI Standby di berbeberapa gereja yang ada di Kota Tangerang. Selain tim, mobil ambulance juga akan di kerahkan di tiga Gereja. Yakni Gereja katolik hati santa perawan Maria tak berdosa, Gereja Huria kristen batak protestan, dan Gereja protestan di Indonesia barat maria. Selain fokus pada pelayanan pertolongan pertama PMI juga akan mengkonsentrasikan personelnya pada antisipasi siaga bencana. (Mad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here