Peran Aktif Pemuda dalam Pengawasan Pilkada Kota Tangerang

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Peran aktif pemuda dalam pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang, sangat dibutuhkan. Pasalnya, pemuda akan menjadi penerus bangsa Indonesia pada kemudian hari. Sehingga hal itu perlu adanya kesadaran pemuda dalam berperan aktif, mengawasi pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang.

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengatakan, untuk membangun tatanan demokrasi yang baik itu, harus adanya partisipatif dari segala aspek pengawasan, baik pemuda ataupun masyarakat secara umumnya.

“Kesuksesan pemilu, salah satu indikatornya ialah partisipatif pemuda. Maka perlu kita sajikan pengetahuan partisipatif kepada para pemuda di kota ini,” kata Agus disela-sela kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Hotel Permata Mulia, Minggu (02/12/2017).

Dengan begitu,dirinya berharap, pemuda dapat menjadi motor penggerak bersama panwaslu dalam mensukseskan Pilkada Kota Tangerang. Supaya pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu dapat berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat kota yang berjulukkan Akhlakul Kharimah.

“Kita undang para narasumber yang memang kompeten sebagai praktisi kepemiluan, sehingga kawan-kawan pemuda bisa saling bertukar pikir dan tanya jawab seputar kepemiluan bersama kami dan para narasumber”, tutup Agus.

Sementara itu, Pengamat dan Praktisi Kepemiluan, Jazuli Abdillah menjelaskan, hak dan tanggung jawab masyarakat dalam proses pemilu. Maka kesadaran pemuda harus dibangun dalam peran aktif berpartisipatif di Pilkada 2018 mendatang.

“Pemuda harus ada di semua lini, jangan apatis. Jangankan tanggung jawab seperti melakukan pengawasan, hak politik saja kadang mereka acuh, kegiatan ini sangat baik untuk menyadarkan kembali peran mereka,” tegas Jazuli.

Kegiatan itu dihadiri, sebanyak 50 pemuda dari OKP yang ada di Kota Tangerang. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here