Pilkada Tangerang 2018 Sepi Calon Kepala Daerah

0

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Komisi Pemilihan Umum (KPu) Provinsi Banten mengkhawatirkan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Tangerang, terutama di Kabupaten Tangerang, dinilai sepi calon kepala daerah. Pasalnya, tak ada yang meriah atas bermunculannya calon baru, bahkan terbilang sepi pada di Kabupaten Tangerang.

“Untuk calon di Kabupaten Tangerang dikhawatirkan calon tunggal. Kalau Kota Tangerang meski bermunculannya calon baru, tak ada respon yang cukup tinggi masyarakat terhadap calon baru tersebut,” kata Agus Supriyatna, ketua KPU Provinsi Banten seusai mendeklarasikan gerakan Saya Mencoblos di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang, Senin (20/11/2017).

Dirinya menuturkan, bahwa dengan banyaknya calon kepala daerah itu, akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pilkada 2018 mendatang. Dirinya pun memberikan contoh, head to head atas calon yang berkualitas, akan berimplikasi pada partisipasi masyarakatnya itu sendiri.

“Tapi, bagi KPU, berapa pun calonnya, KPU tetap melaksanakan tahapan Pilkada ini. Tapi, kami kembalikan kepada para elite kota dan kabupaten. Agar, kita harapkan beraninya mereka mencalonkan diri,” terang Agus.

Dirinya pun memaparkan, pengalaman KPU pada Pilkada 2017 kemarin, ada beberapa daerah yang hanya satu pasangan calon. Maka dengan begitu, ketika pasangan calon hanya ada satu, KPU tetapkan mengatur perjalanannya pesta demokrasi di setiap wilayah.

“Pasangan calon hanya satu, disurat suara hanya satu pasangan calon dan gambar kosong. Disitu, masyarakat dapat memilih, apakah mereka memilih pasangan calon itu atau gambar kosong. Itu akan diatur KPU,” jelasnya.

Sementara, menurut Agus, Kota Tangerang menjadi daerah yang partisipasi masyarakatnya cukup tinggi. Bahkan sampai mencapai angka 78persen pada 2008. “Artinya kota ini partisipasinya cukup tinggi se-Banten. Karena masyarakat mau pro aktif, KPUnya giat bersosialisai dan Elitnya juga,” pungkasnya. (Yip)

-ADVERTISMENT- -ADVERTISMENT-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here