Atasi Genangan, Ratusan Warga Turun Ke Saluran Air

0 0
Read Time:1 Minute, 34 Second

POTRETTANGERANG.ID, Kota Tangerang – Untuk mengantisipasi genangan air yang menyulutkan banjir di musim penghujan, ratusan warga RT 03, RW 10, Kelurahan Tanah Tinggi lakukan kerja bakti yang memfokuskan kebersihan saluran air. Sehingga, di musim hujan nanti, pada lingkungan itu tak ada genangan air yang disebabkan saluran air tak berjalan dengan baik.

“Kami mengangkat lumpur yang mengendap di dasar saluran air (drainase). Supaya aliran buangan air menjadi lancar,” ungkap Ketua RT 03, RW 10, Bambang Sudoto seusai melakukan kerja bakti kepada potrettangerang.id, Minggu (8/10/2017).

Dijelaskannya, bahwa sekitar 150 warga bergerak serentak untuk membersihkan saluran air sepanjang 377 meter yang dimulai pukul 06.00 WIB. Dengan bahu membahu, warga melakukan kerja bakti itu hingga saluran air bersih tanpa adanya lumpur yang mengendap.

“Lumpur ini kami buang ke lokasi dataran rendah. Nantinya, rencana pemerintah, saluran di sini akan diperbaiki dengan menggunakan yudit,” terang Bambang yang juga menjabat Ketua Pokja Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Kelurahan Tanah Tinggi.

Kerja bakti itu dilakukan tiap tahunnya yang menjadi program rutin pada lingkungan tersebut. Bahkan, dalam waktu dekat, kerja bakti yang membersihkan lingkungan itu akan diperluas ke tingkat RW. Diakui Bambang, disejumlah titik lokasi pada Kelurahan Tanah Tinggi masih terdapat saluran air yang kurang memadai. Sehingga hal itu menyebabkan terjadinya genangan air.

“Kebetulan ada warga kami yang menjadi anggota DPRD Kota Tangerang. Jadi kami dapat saling bertukar informasi dalam menyelesaikan persoalan di wilayah,” tandas Bambang.

Sementara itu, warga lingkungan RT setempat, Dedi Hasbullah menuturkan, dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ketua RT-nya itu bersama warga. Karena, kegiatan itu menurutnya, menjadikan kesadaran warga untuk kebersihan lingkungan, yang berupaya untuk tak ada genangan air ketika musim penghujan datang.

“Saya yakin, lingkungan bersih akan melahirkan masyarakat yang sehat. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka lingkunhan bersih, mewujudkan ketakwaan masyarakat. Sesuai motto Kota Tangerang yaitu Akhlakul Kharimah,” tutup Dedi, anggota DPRD Kota Tangerang dari Fraksi Partai Amanah Nasional (PAN). (Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *