Dinas Sosial Banten Gelar Seminar Pola Asuh Anak

0 0
Read Time:2 Minute, 2 Second

POTRETTANGERANG.ID, Banten – Dinas Sosial Provinsi Banten lewat Bidang Rehabilitas melakukan Seminar Parenting Skill dengan tema Keterampilan Pola Asuh Anak, Seminar tersebut dilakukan di Pesona Waterpark, Bojonegara, Kabupaten Serang, Rabu (2/8/2017).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan pilar utama pembangunan kerana sangat menentukan kemajuan bangsa. Dicerminkan oleh derajat kesehatan, tingkat intelegensia, kematangan emosional dan spiritual, serta produktivitas sangat ditentukan oleh kualitas dari janin hingga anak berusia 6 tahun dan terus berkembang sampai usianya.

“Disadari atau tidak informasi tentang manfaat stimulasu bagi anak usia dini, menimbulkan dampak baru yaitu makin menjamurnya produk-produk yang menjadikan anak-anak sebagi objek pasar, film, buku cerita, mainan, mode pakaian dengan segenao kreativitas yang membuat rangsangan bagi anak,”ujarnya.

Ia melanjutkan, Keluarga sebagai media sosialiasi utama anak mempunyai peran penting dalam memfilter anak agar terhindar dari pengaruh buruk dan ancaman lainnya yang berdampak buruk bagi perkembangan psikologisnya.

“Setiap orangtua pada dasarnya menginginkan anaknya berkembang dengan baik, tumbuh seperti keinginan orangtua. Tidak terkecuali bagi keluarga yang tidak beruntung, mereka pun mempunyai kesempatan yang sama untuk memberikan pengasuhan yang terbaik buat anaknya, setiap keluarga baik yang beruntung ataupun yang kurang beruntung mempunyai kesempatan yang sama untuk memperoleh pengetahuan tentang pola asuh yang baik terhadap anak agar anak-anaknya tumbuh kembang dengan baik sesuai dengan keinginan orang tuanya,”

beliau juga menyampaikan apresiasinya yang telah melaksanakan kegiatan Parenting Skill dengan sasaran pesertanya adalah keluarga yang masuk dalam kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Seminar ini juga kita bekerja sama dengan Ikatan Kader Bina Keluarga Anak balita (IKBA) Kabupaten Serang dan Taman Anak Sejahtera Kabupaten Serang menghadirkan 400 orangtua dari keluarga PMKS yang digabungkan dengan agenda Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Serang yang menghadirkan 1.000 anak PMKS,”ungkapnya.

Sedangkan Kepala Bidang Rehabilitas Sosial, Dinas Sosial Provinsi Banten Dede menambahkan, acara ini bertujuan Memberikan peningkatan keterampilan pola asuh anak yang baik, Mengubah pola pikir keluarga dalam memberikan pendidikan terbaik pertama kepada anak, Memberikan pandangan kepada keluarga, bahwa keluarga merupakan filter dalam pergaulan anak, Memberikan pengarahan kepada para keluarga agar lebih aktif dalam membina kedekatan dengan anak yang beranjak dewasa.

“kegiatan Parenting Skill akan terus dilaksanakan dengan sasarannya adalah para keluarga dari PMKS atau yang berdampak PMKS yang secara permasalahan sosial akan menjurus ke hal-hal yang negatif dan berdampak kepada tidak terpenuhinya hak anak secara maksimal, sehingga peran keluarga sebagai pengendali preventif bagi tingkah laku anak dapat dimaksimalkan dengan pengetahuan yang diberikan” tegasnya. (Dan/Yip)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Mungkin Anda juga menyukai

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *